Penyebab aki mobil tidak mengisi
Aki mobil tidak mengisi kerap membuat kita susah. Pasalnya, masalah aki mobil tidak mengisi sering disadari saat pagi hari ketika kita akan menggunakan mobil. Apalagi kejadiannya muncul saat kita ingin berangkat kerja atau kuliah. Pastinya, hal ini akan membuat seluruh hari anda serasa menyebalkan.
Ya, aki mobil memiliki peran penting bagi seluruh sistem kelistrikan di mobil. Baik saat mesin mobil mati atau saat mesin mobil hidup. Saat mesin mati, aki mobil digunakan untuk menstarter mesin. Saat mesin hidup, aki mobil digunakan untuk menyimpan arus listrik yang dihasilkan alternator.
Selain itu, aki mobil juga digunakan untuk menstabilkan tegangan 12 Volt agar komponen elektronik di mobil tidak rusak. Tak heran, jika kondisi aki mobil harus selalu dijaga dan diperhatikan setiap waktu.
Dibawah berikut ini adalah contoh dan ciri aki mobil tidak mengisi :
- Mobil tidak bisa distarter dan hanya terdengar bunyi cetak-cetek saja.
- Lampu-lampu indikator di dashboard terlihat redup atau mati.
- Klakson tidak berfungsi, terdengar lemah, bersuara pelan, sember, atau mati.
- Lampu headlamp tidak berfungsi normal, redup, atau mati.
- Tegangan aki selalu kurang dari 12Volt bahkan bisa kurang dari separuhnya.
Tegangan aki mobil yang normal adalah diatas 12Volt. Jika mesin dihidupkan, tegangan yang dihasilkan saat kita mengukur aki bisa mencapai 14,2Volt. Ini adalah tegangan sistem pengisian aki mobil yang normal. Jika tegangan kurang atau lebih, menandakan adanya masalah baik dari sistem pengisian aki mobil atau bahkan dari aki mobilnya itu sendiri.
Nah, di artikel kali ini, Akimo akan berbagi info dan pengalaman tentang penyebab aki mobil tidak mengisi. Simak penjelasan tentang penyebab aki mobil tidak mengisi dibawah ini
1. Aki mobil rusak
Penyebab aki mobil tidak mengisi yang sering terjadi adalah akibat aki mobil rusak. Istilah umumnya adalah aki mobil soak. Aki mobil soak adalah aki mobil tidak menyimpan arus listrik dalam waktu yang lama sesuai dengan fungsinya. Bahkan ketika kita selesai mencas aki mobil tersebut, tegangan aki mobil yang ada tetap kurang dari 12Volt dan terus turun hingga 0Volt dalam waktu cepat.
Ada 3 penyebab umum yang membuat aki mobil soak yaitu:
A. Umur aki mobil sudah tua (Aki mobil sudah terlalu lama dipakai)
Aki mobil yang sudah berumur dan terlalu lama dipakai biasanya cepat soak. Kita dapat melihat adanya perubahan dari komponen aki mobil yang sudah berumur, seperti misalnya:
- Badan aki yang terlihat kusam dan menggembung
- Terminal kepala aki yang berkerak
- Sel-sel aki dan komponen aki mobil lain didalamnya terlihat kotor dan menghitam.
- Terlihat ada kebocoran air aki.
B. Perawatan aki mobil yang salah
Perawatan aki mobil yang salah juga bisa membuat aki mobil soak, contohnya:
- Salah mengisi air aki (mengisi air aki dengan air keran atau air mineral), atau mengisi dengan air aki zuur (air aki botol merah untuk menambahkan volume air).
- Terlalu lama membiarkan air aki dalam posisi level rendah atau air aki pernah kosong dan dibiarkan begitu saja.
- Aki mobil tidak pernah di cas ulang atau diperiksa secara rutin.
C. Kerusakan pada sistem pengisian aki mobil yang tidak segera diperbaiki
Kerusakan sistem pengisian aki mobil juga bisa menjadi penyebab aki mobil soak. Contohnya adalah saat aki mobil mengalami "Overcharge". Overcharge bisa mengakibatkan air aki mendidih dan mengeluarkan bau tidak sedap. Jika tidak segera diperbaiki, air aki bisa kering akibat menguap sehingga aki mobil menjadi soak.
Cara mengatasi aki mobil tidak mengisi akibat aki mobil soak adalah menggantinya dengan aki mobil yang baru. Aki mobil yang soak umumnya sudah tidak bisa digunakan lagi sehingga kita perlu menggantinya dengan aki mobil yang bagus dan baru.
2. Aki mobil bermasalah
Masalah aki mobil tidak hanya sebatas aki mobil soak saja. Aki mobil juga bisa tekor. Ya, aki mobil tekor berbeda dengan aki mobil soak. Jika aki mobil soak, aki sudah tidak dapat menyimpan arus listrik lagi. Sedangkan aki mobil tekor, aki masih bisa menyimpan arus listrik namun ia terus menerus kekurangan daya listrik. Akibatnya kita merasa aki seakan-akan tidak bisa mengisi.
Sebenarnya, ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab aki mobil tekor seperti misalnya: sistem pengisian aki rusak, aku sudah berumur dan terlalu lama digunakan, korslet pada sistem kelistrikan mobil, dan lain-lain (baca: 6 penyebab aki mobil tekor). Namun, ada 3 hal yang paling penting yang sangat bisa menyebabkan aki mobil tekor.
3 penyebab yang kerap membuat aki mobil tekor, yaitu:
A. Ada kebocoran arus aki mobil
Aki mobil tekor bisa terjadi karena adanya kebocoran arus lisrik dari aki mobil. Ya, meskipun mobil sudah dalam posisi dimatikan dan dikunci, aki masih mengalirkan arus listrik ke komponen elektronik kendaraan tanpa kita ketahui. Kondisi inilah yang akhirnya membuat aki mobil kehabisan setrum yang dikenal dengan istilah aki tekor.
B. Menggunakan aksesoris audio video berdaya besar
Aki mobil tekor juga bisa terjadi akibat kita menggunakan aksesoris audio video berdaya besar. Penggunaan alat elektronik dimobil dengan daya besar seharusnya diikuti dengan peningkatan kapasitas aki serta sistem pengisian aki di mobil (alternator). Jika tidak dilakukan upgrade maka, akan muncul masalah aki tekor.
C. Menggunakan aki dengan ampere yang lebih kecil.
Kalau masalah yang satu ini biasanya muncul akibat kekurang-pahaman pemilik saat mengganti aki mobilnya. Ia mengganti aki tanpa berkonsultasi dengan mekanik atau penjual aki mobil berpengalaman.
Menggunakan aki mobil dengan kapasitas ampere yang lebih kecil akan mempercepat habisnya listrik di aki tersebut. Terlebih jika pemakaian mobil dimalam hari. Selain untuk starter, aki mobil juga digunakan untuk menghidupkan lampu utama mobil yang berdaya besar.
3. Alternator tidak mengisi
Penyebab aki mobil tidak mengisi yang selanjutnya adalah akibat alternator tidak mengisi. Alternator , atau yang sering disebut dinamo ampere adalah komponen mobil yang berfungsi untuk menghasilkan arus listrik sehingga bisa digunakan untuk mengisi aki mobil dan untuk seluruh keperluan kelistrikan di mobil.
Ketika dinamo ampere rusak, maka dinamo ampere tidak bisa mengisi aki mobil. Berikut beberapa ciri-ciri dinamo ampere tidak mengisi yang bisa kita temui di mobil
- Lampu indikator peringatan gambar aki di dashborad menyala.
- Lampu sorot mobil meredup
- Terdengar decitan suara alternator belt kendor
- Tercium bau terbakar dari arah alternator (belt selip atau bearing alternator macet)
- Alternator belt putus
Kerusakan pada dinamo ampere ini sangat beragam dan terbilang perlu pengetahuan tentang sistem pengisian mobil. Oleh karenanya, ketika alternator tidak mengisi, ada baiknya masalah ini diserahkan ke mekanik atau bengkel kepercayaan anda
4. Sekring pengisian aki mobil putus
Penyebab aki mobil tidak mengisi yang ke empat adalah akibat sekring pengisian aki mobill putus. Sekring pengisian atau sekring dinamo ampere ini merupakan pengaman antara aki dan dinamo ampere. Jika terjadi korsleting listrik, short circuit, atau beban arus listrik yang berlebihan antara aki mobil dan dinamo ampere, maka sekring dinamo ampere ini akan putus.
Ketika sekring dinamo ampere ini putus, maka aliran listrik dari dinamo ampere yang akan digunakan untuk mengisi aki mobil akan terhenti sehingga aki mobil tidak mengisi. Jika kondisi dinamo ampere rusak /tidak bagus, umumnya, saat sekring ini putus, mobil tidak lama akan mogok karena sudah kehabisan daya listrik.
Nah, jika terjadi masalah aki mobil tidak mengisi, ada baiknya anda mengecek sekring pengisian aki mobil ini. Kode sekring untuk dinamo ampere ini biasanya ditandai dengan tulisan ALT, CHG, ataupun gambar aki dengan nilai ampere berkisar diantara 60A sampai 100A.
Posisi dan letak sekring dinamo ampere pada tiap mobil akan berbeda-beda. Namun secara umum, sekring dinamo ampere ini bisa kita temukan di ruangan mesin. Ada yang dipasang sejalur dengan kabel aki positif (sekring menempel di kabel positif aki), ada pula sekring yang dipasang di kotak sekring (fusebox).
5. Jalur kabel pengisian aki mobil putus
Hal terakhir yang bisa menjadi penyebab aki mobil tidak mengisi adalah akibat jalur kabel pengisian aki mobil putus. Umumnya jalur kabel utama untuk pengisian ini tahan lama. Namun begitu, ada beberapa lokasi yang bisa menjadi penyebab jalur kabel pengisian aki mobil ini putus.
Berikut beberapa lokasi yang sering menjadi tempat putusnya jalur kabel pengisian aki mobil
A. Socket alternator
Biasanya, terminal di dalam socket alternator ini sering mundur akibat tertarik. Meskipun socket terlihat menempel dengan alternator, tapi kenyataannya kabel terputus atau lepas dari konektor di dalam alternator.
B. Kabel aki mobil yang positif
Kalau dari kabel aki mobil, biasanya bukan terputus, melainkan karena sambungan aki mobil dengan terminal kepala aki sudah tertutup oleh kerak-kerak aki. Kerak aki yang terlalu tebal bisa menjadi isolator (penghambat) aliran listrik sehingga aliran listrik dari alternator tidak sampai untuk mengisi aki mobil.
Jalur kabel pengisian aki mobil yang terputus, pastinya akan menghentikan aliran listrik dari dinamo ampere yang akan digunakan untuk mengisi aki mobil. Akibatnya, aki mobil tidak mengisi.
Demikianlah artikel tentang penyebab aki mobil tidak mengisi yang bisa Akimo sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan para pembaca sekalian. Terima kasih.