Simak Bagaimana Cara ngecas aki yang benar..

Seperti yang sudah sering kita bahas, aki mobil kerap membutuhkan pengisian ulang secara mandiri (pengisian ulang yang bukan dari sistem pengisian mobil) karena beberapa hal. Tak peduli apapun merk aki mobil yang digunakan, saat ada masalah di kendaraan maka cas aki mobil menjadi salah satu cara yang perlu dilakukan.

Seperti misalnya, aki mobil tidak mengisi akibat sistem pengisiannya bermasalah, aki mobil tekor, mobil sudah lama tidak dipanasi mesinnya, serta berbagai hal lainnya yang mengakibatkan aki tidak kuat mensuplai arus listrik dan tegangan ke seluruh komponen kelistrikan mobil.

cara ngecas aki yang benar

Oleh karena itu, cas aki mobil adalah salah satu cara yang bisa dilakukan agar kondisi aki bisa kembali ke kondisi terbaiknya sehingga masih bisa dipakai untuk keperluan menyimpan dan mensupai listrik bagi seluruh komponen listrik di mobil.

Untuk mencas aki mobil, Anda bisa mengunjungi bengkel aki terdekat untuk melakukan charge aki atau anda juga bisa menggunakan alat cas aki yang kini marak di jual di toko-toko online.

Selain mudah dalam penggunaannya, harga yang ditawarkan untuk alat-alat cas aki ini pun cukup beragam, mulai dari 50 sampai 250 ribuan. Umumnya, harga turut menentukan kualitas alat cas aki tersebut.

Nah pada postingan kali ini, Akimo akan memberikan informasi terkait cara cas aki yang benar. Berikut langkah-langkah dan cara ngecas aki yang benar.


1. Lepaskan Aki dari mobil


Untuk mengecas aki, sebaiknya aki dilepas dan dikeluarkan dari mobil (hati-hati terhadap tipe mobil tertentu yang memerlukan reset ECU ya...). Melepas aki mobil untuk di cas adalah salah satu langkah preventif untuk menjaga keamanan saat proses cas berlangsung.

Saat kita mengecas aki mobil, umumnya air aki akan mendidih. Air aki yang mendidih bisa membuat gelembung air terciprat keluar melalui lubang ventilasi aki. Air aki yang keluar sangat berbahaya bagi bodi mobil (karena bisa mengakibatkan korosi) ataupun gatal (jika air tersbut terkena kulit).

Oleh karena itu, melepas aki dari mobil saat melakukan cas ulang adalah langkah yang bijak yang perlu dilakukan. Baca selengkapnya tentang langkah-langkah dan cara melepas aki mobil dengan benar, mudah dan aman.


2. Buka tutup aki mobil


Langkah selanjutnya untuk cas aki mobil adalah dengan membuka tutup aki mobil (tutup ventilasi aki). Langkah ini berguna untuk memeriksa ketinggian air aki sebelum dicas. Jika kurang Anda bisa menambahkannya dengan air suling (air aki botol biru).

Tambahkan air aki hingga menyisakan sisa 1/3 dari batas ketinggian maksimum level air aki (jangan diisi penuh sampai garis batas level air). Pasalnya, aki yang di cas biasanya akan membuat elemen dan sel-sel aki mengembang sehingga mempengaruhi volume air aki secara keseluruhan.

Dari pengalaman Akimo sendiri, setelah aki selesai di cas, ketinggian level permukaan air aki bisa meningkat dengna sendirinya menjadi sama dengan batas maksimum yang ada pada bodi aki. Jika sudah disi hingga penuh, maka air aki menjadi kepenuhan dan kurang baik untuk akinya itu sendiri

Selain itu, seperti sudah disinggung sebelumnya pada poin #1, saat aki di cas, air aki bisa mendidih. Air aki yang mendidih ini akan menciptakan tekanan di dalam aki.

Tekanan ini akan berbahaya jika tutup ventilasi aki tetap di tutup. Jika tutup ventilasi aki ini tersumbat, maka tekanan dan uap air akan terjebak di dalam sehingga sangat memungkinkan aki mobil yang sedang dicas bisa meledak akibat tekanan tersebut.

Dengan membuka tutup ventilasi air aki, maka gas bertekanan yang muncul saat proses cas aki bisa langsung dilepas ke udara sehingga mengurangi resiko aki meledak saat di cas.


3. Pasang Kabel Charger ke Aki


Selesai melepas tutup aki dan menambahkan air aki, selanjutnya adalah memasang kabel charger ke Aki. Lakukan urutan pemasangan kabel charger dari kabel positif (+) terlebih dahulu lalu lanjutkan dengan memasang kabel negatif (-).

Perhatikan posisi jepitan kabel charge pada kutub aki, usahakan jepitannya kuat dan tidak mudah bergerak agar tidak muncul percikan api.


4. Hidupkan Charger Aki mobil dan Atur Saklar Charger ke Posisi yang tepat


Setelah kabel charger aki terpasang dengan kuat, langkah selanjutnya adalah dengan menghidupkan alat charger aki yang dilanjutkan dengan mengatur saklar-saklar charger ke posisi yang tepat.

Pada beberapa alat charger aki khusus bengkel mobil, selain saklar on dan off, biasanya terdapat 3 saklar pengaturan untuk mencas aki, diantaranya saklar untuk mengatur arus pengisian, saklar untuk mengatur tegangan, serta saklar untuk mengatur waktu pengisian.

Masing-masing alat charger aki ini memiliki pengaturan-pengaturan yang berbeda-beda, sebaiknya ikuti buku panduan penggunaan alat charger yang sobat miliki untuk menghindari kesalahan saat mencas aki.


5. Tunggu Hingga Proses Ngecas aki selesai


Nah, kini saatnya sobat menunggu proses ngecas aki selesai. Waktu pengecasan aki bisa beragam, tergantung kapasitas aki serta pengaturan yang sobat lakukan di langkah #4 sebelumnya, apakah dilakukan dengan cara Slow Charging atau dengan Fast Charging.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang waktu cas aki mobil berapa lama, Sobat bisa membaca postingan sebelumnya tentang berapa lama cas aki mobil yang sudah pernah Akimo posting sebelumnya.


6. Matikan Alat Charger dan lepas kabelnya


Proses pengisian aki selesai, kini saatnya sobat melepas aki dari alat charger. Sebaiknya matikan saklar on/off lalu cabut stop kontak alat charger dari jaringan listrik PLN terlebih dahulu sebelum melepas kabel yang menempel di kutub-kutub terminal aki mobil.

Hal ini sebaiknya dilakukan untuk menghindari munculnya percikan api saat melepas kabel yang menempel di kutub terminal aki mobil.


7. Pasang Tutup Aki kembali


Setelah selesai melepas kabel alat charger, pasang kembali tutup aki pada lubang ventilasi aki, tutup dan kencangkan dengan sempurna. Jangan lupa untuk membersihkan air aki yang berada di sekitar lubang dan tutup ventilasi aki. Lakukan dengan hati-hati karena sisa air aki ini bersifat korosif dan gatal apabila terkena kulit.


8. Pasang Aki Mobil kembali ke tempatnya


Langkah terakhir dari cara ngecas aki yang benar adalah memasang kembali aki mobil sesuai pada tempat dan posisinya semula. Perlu diperhatikan urut-urutan langkah pemasangan aki yang harus diperhatikan.

Utamakan untuk memasang terminal positif (+) terlebih dahulu, lalu lanjutkan dengan memasang terminal negatif (-). Untuk urut-urutan lengkap cara memasang aki mobil sobat bisa baca postingannya tentang cara memasang aki mobil yang benar.