Inilah Penyebab Aki Mobil Tekor

Apa kabar sobat semuanya, semoga sehat-sehat selalu yaa... Sobat Akimo, paling jengkel memang jika mobil yang kita ingin pakai harus mogok dan nggak bisa distarter akibat akinya tekor.

Meskipun mesin mobil bisa dihidupkan dengan cara jumper aki mobil, namun tetap saja, mogok karena aki tekor bisa memakan waktu, biaya, tenaga, dan pikiran kita terlebih ketika kita akan berangkat kerja.

Aki mobil tekor pastilah ada penyebabnya sehingga kerap muncul pertanyaan di benak sobat sekalian: kenapa aki mobil sering tekor? Nah pada postingan kali ini Akimo akan memberikan informasi terkait hal-hal yang menjadi penyebab aki mobil tekor. Berikut adalah penyebab aki mobil tekor.

penyebab aki mobil tekor


1. Sistem Pengisian Aki Rusak


Penyebab pertama yang kerap membuat aki mobil tekor adalah sistem pengisian yang rusak. Sistem pengisian (charging system) berfungsi untuk mencas ulang aki mobil selama mesin mobil beroperasi. Komponen yang menghasilkan listrik untuk cas ulang aki selama mesin hidup disebut dengan dinamo ampere atau Alternator.

Ketika sistem pengisian bermasalah, maka aki mobil tidak mendapat supply listrik yang cukup sehingga lambat laun kondisi ini akan menghabiskan seluruh simpanan listrik di dalam aki. Akibatnya, aki mobil menjadi tekor dan soak.

Meskipun begitu, sebelum kita memvonis sistem pengisian yang bermasalah, ada baiknya kita melakukan pemeriksaan pada sekring aki mobil. Sekring aki mobil ini merupakan sekring yang menjadi penghubung antara aki dengan dinamo ampere.

Jika sekring aki mobil ini putus, maka pengisian tidak akan sampai ke aki mobil. Efeknya aki menjadi tekor karena tidak terisi setrum dari sistem pengisian mobil.


2. Korslet Pada Sistem Kelistrikan Mobil


Selain sistem pengisian yang rusak, korsleting pada sistem kelistrikan mobil juga kerap membuat aki mobil tekor nih sobat Akimo.

Korsleting atau hubungan pendek adalah suatu hubungan langsung yang terjadi antara positif dengan negatif di sumber tegangan tanpa adanya hambatan, sehingga mengakibatkan aliran listrik yang sangat besar secara tiba-tiba. Akibatnya, korsleting ini bisa menyebabkan ledakan (aki meledak) atau kabel terbakar.

Oleh karena itu, untuk mencegah bahaya akibat korsleting ini, pada sistem kelistrikan mobil pasti dipasang sekring (fuse) sehingga ketika terjadi arus listrik yang berlebih, fuse akan memutuskan aliran listrik yang sedang berjalan.

Jadi, sobat Akimo harus hati-hati nih jika di mobil ada fuse yang nilai ukurannya melebihi batas nilai ukuran arus yang di anjurkan, misalnya dianjurkan pakai sekring 10A, nah ternyata sekring yang digunakan sebesar 20A. Sebaiknya sekringnya di kembalikan ke nilai normalnya 10A.


3. Umur Aki Sudah Lama


Penyebab aki tekor berikutnya adalah umur dan usia pemakaian aki. Seperti sudah Akimo jelaskan pada bagian-bagian aki dimana aki menggunakan bahan kimia yang bisa bereaksi untuk menyimpan dan menghasilkan arus listrik, maka bahan kimia tersebut lambat laun juga akan mengalami penurunan kualitas kerja.

Efeknya, pada masa tertentu komponen-komponen aki tersebut akan mengalami yang namanya "kadaluarsa" dan tidak dapat berfungsi normal lagi.

Usia "kadaluarsa" pada aki yang sudah digunakan bisa bertahan sekitar 3-4 tahun, namun begitu bisa bervariasi tergantung dari jenis aki dan perawatan yang dilakukan, semakin bagus perawatannya, maka usia aki akan semakin maksimal.


4. Mobil Lama Tidak Dihidupkan


Kalo sobat pergi dan meninggalkan mobil dalam waktu lama tanpa dipanasi mesinnya, biasanya hal ini juga bisa menjadi salah satu penyebab aki mobil tekor. Aki mobil yang tidak pernah di charge maka lambat laun ia juga akan tekor akibat dari proses "self discharge" yang memang terjadi pada aki dengan sendirinya.

Oleh karena itu, jika sobat Akimo memang ingin meninggalkan mobil dalam waktu yang lama, sebaiknya titip pada orang yang sobat percaya untuk memanasi mesin mobil secara berkala, atau sobat dapat melepaskan kedua kabel aki mobil sebelum sobat berangkat (oiya, sebaiknya hati-hati terhadap beberapa merek kendaraan dengan tipe tertentu yang kerap membutuhkan reset ECU setelah lepas kabel aki seperti Peugeot, Cherokee, Mercedes-Benz)

Baca juga :


5. Kelebihan Pemakaian Beban Listrik


Pemakaian beban listrik yang berlebih pada mobil sobat, bisa mengakibatkan aki mobil menjadi cepat tekor. Beberapa hal yang Akimo ketahui, pemasangan lampu HID non Original, lampu-lampu aksesoris, perangkat audio mobil yang berlebihan kerap membuat aki mobil tekor.

Ketika sobat ingin menambahkan perangkat-perangkat kelistrikan yang membutuhkan daya listrik yang besar, sebaiknya sobat juga perlu meningkatkan besaran ampere aki mobil beserta dengan peningkatan arus pada dinamo ampere-nya.


6. Lalai Saat Penggunaan


Penyebab terakhir yang bisa membuat aki mobil tekor adalah kelalaian saat penggunaan. Misalnya, ketika sampai rumah sobat lupa mematikan lampu foglamp yang sedang menyala dan meninggalkannya hingga pagi hari. Atau sobat lupa mematikan radio tape mobil yang menyala dengan kondisi suara di "mute".

Kelalaian seperti diatas tersebut memang kerap dialami. Biasanya terjadi akibat lupa dan unsur tidak sengaja. Ini artinya, aki akan mengeluarkan listrik terus menerus tanpa terisi kembali, akhirnya aki menjadi tekor dan soak.

Demikianlah artikel tentang penyebab aki mobil cepat tekor yang bisa Akimo sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat sobat sekalian. Terima kasih sudah membaca artikel ini.