Kenali 6 Ciri-Ciri Aki Mobil Tekor..

Aki mobil tekor memang kerap merepotkan, sobat akan disibukkan dengan bagaimana cara menghidupkan mesin mobil karena aki tekor. Mulai dari menjumper aki, menghidupkan mobil dengan cara didorong hingga akhirnya harus pesen taksi online agar akitifitas lainnya tidak terganggu.

Aki tekor menandakan bahwa kadar listrik di dalam aki sudah dalam keadaan minim atau kosong. Akibatnya beragam komponen kelistrikan mesin dan lain-lainnya menjadi tidak bisa berfungsi dan meyebabkan mobil mogok. Minimnya perawatan aki beserta sistem pengisian listrik di mobil sering menjadi penyebab aki tekor dan soak.

ciri aki mobil tekor

Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya sobat mulai mengenali ciri-ciri aki mobil tekor sehingga bisa segera mengambil tindakan serta terhindar dari kondisi yang merepotkan akibat aki mobil tekor. Berikut adalah ciri aki mobil tekor yang Akimo ketahui


1. Mesin mobil susah di starter


mesin mobil susah distarter

Ciri pertama yang bisa sobat kenali dan kerap menjadi ciri utama aki mobil tekor adalah mesin mobil susah distarter. Untuk menstarter dan menghidupkan mesin mobil, motor starter membutuhkan arus listrik dalam jumlah besar. Arus listrik yang besar ini hanya bisa disediakan oleh aki yang baik dan tidak tekor.

Selain dari mobil susah di starter, biasanya ciri aki mobil tekor bisa terlihat dari kecerahan nyala lampu instrument di dashboard seperti lampu check engine, lampu oli, lampu aki, dan lain-lain. Aki mobil tekor biasanya membuat nyala lampu menjadi lebih redup dan terihat tidak terang.


2. Bodi aki terlihat menggelembung


bodi aki menggelembung

Ciri berikutnya yang menjadi ciri aki mobil tekor adalah bodi aki yang terlihat menggelembung. Bodi aki mobil yang menggelembung menandakan bahwa aki pernah mengalami overcharge (pengisian berlebih).

Efeknya elemen-elemen sel aki menjadi panas, mengembang dan bahkan menjadi rentan rusak. Selain itu, pengisian berlebih ini akan membuat air aki mobil mendidih hingga menghasilkan uap bertekanan didalam aki.

Besarnya tekanan uap yang tidak sebanding dengan proses pengeluaran udara melalui tutup ventilasi aki, membuat dinding-dinding bodi aki terdorong dan tertekan hingga akhirnya menggelembung.


3. Air aki terlihat keruh dan kehitam-hitaman


Air aki keruh dan hitam

Selain bodi aki yang menggelembung, ciri aki mobil tekor bisa sobat lihat dari kondisi air aki. Kondisi air aki yang hitam keruh bahkan pada beberapa kondisi terlihat banyak kotoran karbon hitam menjadi ciri aki mobil tekor. Ada beberapa penyebab umum yang bisa mengakibatkan air aki ini terlihat keruh dan kehitam-hitaman, contohnya
  • Menggunakan air aki yang salah saat menambahkan volume air aki.
  • Air aki pernah kering sehingga elemen aki terpapar udara yan berakibat merusak sel aki itu sendiri
  • Pernah terjadi overcharge


4. Umur aki lebih dari 3 tahun


usia dan umur aki lebih dari 3 tahun

Ciri aki tekor berikutnya adalah aki yang umurnya sudah lebih dari 3 tahun. Pada umur lebih dari 3 tahun, elemen aki umumnya sudah mengalami penurunan performa dan unjuk kerja.

Akibatnya, daya simpan listrik dan energi untuk mengalirkan listrik melalui reaksi kimia juga ikut menurun, efeknya aki mobil sobat lambat laun juga akan melemah dan tekor.


5. Tegangan aki dibawah 9 Volt


tegangan aki kurang dari  9 volt

Selain dari kondisi fisik aki, ciri aki mobil tekor juga bisa dilihat dari pengukuran tegangan listrik yang ada di aki tersebut. Aki mobil tekor memiliki tegangan kurang dari 9 volt. Untuk mengukur tegangan aki ini sobat bisa menggunakan multimeter (Voltmeter) yang umum dan tersedia dipasaran.


6. Berat jenis cairan elektrolit sangat rendah


Berat Jenis air aki rendah

Ciri terakhir yang bisa menunjukkan bahwa aki mobil tekor adalah nilai berat jenis cairan elektrolit didalam aki yang sudah sangat rendah. Berat jenis air aki yang normal pada suhu 20 derajat celcius berada pada 1,27-1,28 Kg/liter. Kondisi ini menandakan bahwa saat ini kondisi aki dalam kondisi muatan penuh (tegangan penuh).

Sedangkan untuk kondisi aki kosong, berat jenis air aki memiliki nilai kurang dari 1,13 g/liter. Untuk mengukur nilai berat jenis air aki ini, anda membutuhkan alat ukur berat jenis air aki yang bernama hidrometer.

Nah bagaimana sobat Akimo, sudah pahamkan bagaimana mengenali ciri aki mobil tekor ? Semoga postingan ini bisa bermanfaat untuk mengenali ciri aki mobil tekor yaa..