Cara Mengatasi Aki Mobil Tekor

Tekor pada aki mobil adalah sebuah kondisi dimana muatan listrik di dalam aki sudah kosong. Penyebabnya bisa beragam, namun yang pasti sistem pengisian di mobil sudah tidak memiliki daya yang cukup untuk menutupi kebutuhan listrik seluruhnya dan hanya mengandalkan aki mobil saja.

Nah, pada postingan kali ini, Akimo akan membagikan informasi seputar penyebab dan cara mengatasi aki mobil tekor, semoga bisa menambah wawasan bagi sobat sekalian, berikut cara mengatasi aki mobil tekor.

cara mengatasi aki mobil tekor


1. V-Belt Alternator


Penyebab aki mobil tekor yang termudah untuk dicari tahu adalah V-Belt Alternator. V-Belt Alternator merupakan tali kipas yang menghubungkan antara mesin dengan pulley alternator. Dengan adanya V-Belt ini maka, Alternator bisa berputar dan menghasilkan listrik untuk melayani kebutuhan listrik di mobil selama mesin hidup.

Masalah V Belt yang menjadi penyebab aki mobil tekor umumnya ada dua. Pertama kendur, kedua V-Belt Putus.

V-Belt kendur menyebabkan putaran pulley alternator menjadi kurang maksimal dan cenderung berputar lebih lambat. Akibatnya pasokan listrik untuk pengisian aki mobil menjadi ikut terganggu sehingga mengakibatkan aki mobil tekor.

Jika V-Belt kendur saja bisa mengakibatkan aki mobil tekor, apalagi jika V-Belt putus. V-Belt putus menyebabkan pulley alternator tidak bisa berputar sehingga tidak ada pengisian listrik ke aki.

Untuk mengatasi aki mobil tekor akibat V-Belt kendur atau putus ini adalah dengan melakukan penyetelan ulang V-Belt agar sesuai kekencangan (untuk masalah V-Belt Kendur), atau lakukan penggantian V-Belt baru pada masalah V-Belt putus.

cara mengatasi aki mobil tekor


2. Alternator (Dinamo Ampere)


Jika V-Belt alternator sudah tidak masalah namun aki masih juga tekor, penyebab berikutnya yang bisa membuat aki mobil tekor adalah alternator.

Seperti kita ketahui , alternator merupakan komponen utama dari sistem pengisian aki di mobil. Alternator akan menggantikan peran aki untuk memasok kebutuhan arus listrik selama mesin hidup. Alternator yang bermasalah kerap menyebabkan aki mobil tekor.

Oleh karena itu, sangat diperlukan untuk melakukan pemeriksaan alternator secara menyeluruh, dan sebaiknya, pemeriksaan alternator dilakukan oleh pihak bengkel yang berpengalaman.

Meskipun begitu, jika sobat penasaran, sebenarnya ada cara yang mudah untuk mengetahui apakah alternator bermasalah atau tidak, cuma segala resiko anda tanggung sendiri ya... Kalau anda ingin mencoba berikut langkahnya
  1. Hidupkan mesin mobil hingga putaran idle mesin.
  2. Lepaskan terminal negatif dari kutub aki saat mesin menyala
  3. Jika mesin tetap menyala berarti alternator masih berfungsi, jika mesin mati bertanda bahwa alternator sudah bermasalah.

Catatan
Untuk memasang kabel negatif aki kembali, pastikan kondisi mesin sudah dimatikan terlebih dahulu.

Cara mengatasi aki mobil tekor akibat alternator yang bermasalah, maka sobat perlu melakukan service alternator ke bengkel dinamo ampere (alternator) agar penanganannya tuntas.


3. Fuse / Sikring Alternator Putus


Hal berikutnya yang bisa membuat aki mobil tekor adalah putusnya sikring / fuse untuk alternator. Sekring untuk alternator ini umumnya terletak dekat dengan terminal aki. Memiliki ukuran sekurang-kurangnya 80Ampere.

cara mengatasi aki mobil tekor

Ketika Sikring ini putus, maka arus listrik pengisian yang dihasilkan alternator tidak bisa masuk ke aki, akibatnya aki mobil menjadi tekor. Untuk mengatasi hal ini, satu-satunya cara adalah dengan mengganti sikring alternator tersebut.

Baca juga :



4. Aksesoris mobil beserta lampu tambahan


Hal berikutnya yang bisa menjadi penyebab aki mobil tekor adalah pemasangan beragam aksesoris mobil dan lampu tambahan. Menambahkan Sound System mobil seperti pemasangan seperangkat audio dengan subwoofer, amplifier beserta monitor akan menyedot banyak arus listrik.

cara mengatasi aki mobil tekor

Penambahan ini kerap melebihi kapasitas aki dan alternator sebagai penyuplai utama listrik di mobil, apalagi jika aki dan dan alternator di mobil sobat tidak mengalami perubahan dan peningkatan daya, bisa dipastikan aki mobil sobat akan sering tekor.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, ketika sobat menambahkan beragam aksesoris mobil dan seperangkat audio tambahan, maka meningkatkan kapasitas alternator beserta aki mobil menjadi lebih besar dari normalnya adalah hal wajib yang perlu dilakukan untuk mencegah aki mobil tekor dan soak.

Namun peningkatanan daya pada alternator dan aki mobil yang diperlakukan, sobat perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan mekanik dan bengkel kepercayaan sobat agar tidak menimbulkan kerugian di kemudian hari.