Cara Cek Aki Mobil Dengan Multimeter

Dalam perawatan aki mobil, memang sebaiknya dilakukan pemeriksaan tegangan aki saat terpasang di mobil selain pemeriksaan ketinggian air aki. Hal ini akan mempermudah sobat untuk memantau dan mengetahui kondisi aki yang sebenarnya sebelum aki mobil tekor dan soak.

Pemeriksaan yang dilakukan dengan multimeter ini sebenarnya tidak ribet-ribet banget namun cukup membantu dalam memastikan bahwa aki mobil sobat dalam kondisi yang ok dan layak digunakan.

Pemeriksaan tegangan aki mobil dengan multimeter ini terdiri dari dua kondisi yaitu saat mesin mobil mati dan saat mesin mobil hidup.

cek tegangan aki mobil dengan multimeter

Pengukuran pada saat mesin mati akan menunjukkan apakah aki perlu dicharge atau tidak, sedangkan pengukuran tegangan saat mesin hidup bertujuan untuk mengetahui sistem pengisian aki mobil bekerja normal atau tidak. Berikut cara cek aki mobil dengan multimeter.


Pengecekan Tegangan Aki Mobil Saat Mesin Mati

  1. Siapkan multimeter untuk pemeriksaan tegangan dengan memutar knob multimeter ke posisi DCV (Tegangan searah). Jika Anda menggunakan multimeter analog ( jarum pointer), putar knob dan pilih diangka 50DCV
  2. Setelah siap, buka kap mobil dan temukan posisi aki mobil.
  3. Lepaskan pelindung karet/plastik pada terminal positif (+) aki.
  4. Hubungkan kabel positif multimeter (warna merah) ke terminal positif (+) aki mobil.
  5. Hubungkan kabel negatif multimeter (warna hitam) ke terminal negatif (-) aki mobil.
  6. Perhatikan pada layar multimeter dan baca nilai tegangan yang dihasilkan. Nilai tegangan menunjukkan kondisi aki yang bisa sobat perhatikan pada tabel dibawah berikut
Tegangan Kondisi Aki Tindakan
12,6V-12,8V Normal Tidak diperlukan
≤  12,2V Tegangan Kurang Aki perlu di charge

Jadi, saat cara mengecek aki mobil dengan multimeter ini kita menemukan pengukuran volt aki mobil kurang dari 12.2volt, hal ini menandakan tegangan pada aki mobil sudah kurang. Ada baiknya, aki mobil di cas ulang untuk mencegah aki tekor dan soak secara tiba-tiba.


Pengecekan Tegangan Aki Mobil Saat Mesin Hidup

  1. Siapkan multimeter dengan cara yang sama saat pengecekan aki saat mesin mati
  2. Hidupkan mesin mobil, tunggu hingga putaran mesin dalam posisi idling
  3. Hubungkan kabel positif multimeter (warna merah) ke terminal positif (+) aki mobil.
  4. Hubungkan kabel negatif multimeter (warna hitam) ke terminal negatif (-) aki mobil.
  5. Perhatikan pada layar multimeter dan baca nilai tegangan yang dihasilkan. Nilai tegangan menunjukkan kondisi pengisian aki yang bisa sobat perhatikan pada tabel dibawah berikut

Tegangan Kondisi Pengukuran Hasil
≥ 15V AC ON, Headlamp ON. Overcharge
13,6V - 14,5V AC ON, Headlamp ON. Normal
≤ 13,5V AC ON, Headlamp ON. Undercharge

Jika nilai tegangan yang dihasilkan hasilnya undercharge atau overcharge ini berarti sistem pengisian aki mobil (termasuk alternator) bermasalah. Lakukan pemeriksaan sistem pengisian aki mobil dan alternator dibengkel kepercayaan sobat sebelum memutuskan untuk mengganti aki.

Baca juga :

Catatan
Nilai dan kondisi diatas merupakan referensi pengukuran saja dan bukan nilai valid karena masing-masing mobil memiliki nilai dan kondisi yang berbeda terkait spesifikasi pengisian.

Demikianlah artikel tentang cara cek aki mobil dengan multimeter yang bisa Akimo sampaikan, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat sobat Akimo sekalian. Terima kasih.