Umur Aki mobil Dan Faktor Yang Mempengaruhinya..

Berbicara tentang umur aki mobil, maka sobat akan menemukan beragam pendapat yang mungkin bisa saja membingungkan. Ada pendapat yang bilang aki mobil bisa tahan sampai 3 atau 4 tahun, ada juga yang bilang umur aki mobil hanya dapat bertahan hingga usia 2 tahun saja.

Sebagai gambaran, ada beberapa toko aki yang berani memberikan garansi sampai 16 bulan namun jarak tempuh hanya sebatas 25.000km, atau jika dihitung menjadi 1 tahun 4 bulan. Sedangkan dealer mobil kerap memberikan garansi aki selama 12 bulan (1 tahun) dengan jarak tempuh sampai 50.000km.

Ini artinya, umur aki mobil yang bagus harus bisa bertahan paling minimal selama 1 tahun, kurang dari itu maka bisa jadi sistem pengisian mobil sobat bermasalah atau sobat mendapatkan aki mobil dengan kualitas yang buruk.

umur aki mobil

Semakin lama/panjang umur aki mobil tentunya membutuhkan pemeriksaan dan perawatan yang lebih intensif, baik perawatan terhadap aki mobil, sistem pengisian aki mobil, termasuk tidak memasang aksesoris komponen listrik tambahan di mobil. Baca lebih lengkap tentang cara merawat aki mobil

Ya, banyak faktor yang dapat mempengaruhi panjang pendeknya umur aki mobil, termasuk pemeriksaan dan perawatan yang intensif bisa menambah umur aki mobil menjadi lebih lama.

Namun, dari pengalaman yang Akimo miliki, umur aki mobil menurut Akimo umumnya hanya akan bertahan selama 2,5 tahun saja, baik jenis aki kering ataupun jenis aki basah. Lebih dari itu aki mobil mulai menunjukkan ciri-ciri aki mobil tekor yang jika semakin lama dibiarkan maka performanya akan semakin menurun hingga aki benar-benar tekor dan soak.

Berikut beberapa contoh kondisi yang bisa membuat umur aki mobil menjadi lebih pendek
  • Kualitas aki yang di beli kurang baik (rekondisi atau kebetulan mendapat aki yang kurang baik)
  • Menggunakan aki yang tidak sesuai dengan spesifikasinya (ampere lebih rendah misalnya)
  • Penanganan pertama saat pembelian aki baru terutama jenis aki basah tidak tepat.
  • Air aki pernah kering sehingga merusak sel aki secara langsung
  • Menggunakan air aki yang tidak sesuai, misalnya... saat menambahkan volume air aki sobat menggunakan air keran, air mineral, dan air lainnya selain air suling (air aki botol biru).
  • Membiarkan klem pengikat terminal aki kendur, tertutup kerak dan kotoran sehingga menghambat hantaran arus listrik yang masuk atau keluar.
  • Sistem pengisian mobil pernah bermasalah seperti Overcharge dan Undercharge. Ditambah lagi sobat terlambat dalam menangani permasalahan tersebut.
  • Menyalakan audio-video di mobil saat mesin mobil mati dan sistem pengisian tidak bekerja.
  • Mesin mobil jarang dinyalakan / dipanaskan sehingga aki benar-benar kehabisan daya listrik dalam waktu yang cukup lama (sering terjadi pada mobil yang jarang digunakan)

Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal lain yang menentukan panjang pendeknya umur aki mobil sobat, untuk lebih lengkapnya sobat bisa membaca postingan tentang penyebab aki mobil tekor yang bisa menjadi penyebab umur aki mobil menjadi lebih pendek.

Sedangkan untuk mengetahui kondisi aki masih bagus atau tidak, sobat bisa membacanya pada postingan tentang cara cek aki masih bagus atau tidak yang sudah pernah Akimo posting sebelumnya.