Cara Membersihkan Kerak Aki

Cara membersihkan kerak aki ini sebenarnya cukup mudah, namun tetap perlu dilakukan dengan hati-hati karena kerak aki ini mengandung asam sulfat yang dapat membuat korosi pada besi dan gatal apabila terkena kulit tangan.

Untuk membersihkan kerak aki ini sebaiknya dilakukan di ruang yang udaranya mengalir dan tersedia air keran untuk membilas rangka dan bodi mobil yang terkena kerak aki ini. Adapun alat-alat yang disiapkan untuk membersihkan kerak aki ini adalah
  1. Air panas
  2. Sikat gigi
  3. Kunci pas
  4. Grease /gemuk
  5. Kain lap

cara membersihkan kerak aki

Setelah semua alat-alat siap, kini saatnya memulai cara membesihkan kerak aki. Berikut cara membersihkan kerak aki
  1. Siapkan kendaraan yang akinya mau dibersihkan
  2. Buka kap mesin dan cari posisi/ letak aki
  3. Jika tertutup, buka penutup pada kutub positif aki, lalu siram perlahan dengan air panas ke kutub terminal aki yang berkerak hingga kerak tersebut mencair
  4. Setelah mencair, lanjutkan dengan menyikat kutub terminal aki dengan sikat gigi hingga bersih. Siram kembali dengan air panas. Lakukan pada kedua kutub aki (positif dan negatif)
  5. Setelah bersih, buka dengan kunci pas terminal negatif aki, lalu bersihkan dengan sikat gigi pada bagian dalam terminal aki dan kutub aki, lalu siram kembali hingga bersih. Lakukan juga pada terminal positif aki.
  6. Setelah bersih, pasang terminal aki positif terlebih dahulu, baru lanjutkan pasang terminal aki negatif.
  7. Setelah kedua terminal aki terpasang dengan kencang, oleskan sedikit grease/gemuk pada masing masing teminal aki.
  8. Gunakan air keran, siram pada bagian-bagian yang terkena air panas bekas menyiram kerak aki tersebut hingga benar-benar bersih.
  9. Tunggu hingga airnya tiris lalu bersihkan dengan lap kering sehingga aki terlihat bersih kembali.Perhatikan pada gambar dibawah ini

cara membersihkan kerak aki

Catatan:
  • Berhati-hati saat menyiramkan air panas pada kerak aki, lakukan secara perlahan saja hingga kerak mencair.
  • Jangan menghirup uap air panas yang telah disiramkan ke kerak aki
  • Jika terkena kulit atau mata, segera bilas dengan air bersih sebanyak-banyaknya hingga terasa reda


Penyebab Munculnya Kerak Aki


Kerak aki berwarna putih kehijau-hijauan dan menutupi setiap terminal kepala aki ini sering muncul karena uap elektrolit yang keluar dari dalam aki. Uap elektrolit yang keluar beroksidasi dengan kutub terminal aki sehingga meninggalkan residu kerak dan serbuk putih.

Ada dua faktor yang menjadi penyebab munculnya uap elektrolit dari dalam aki yaitu;
  1. Terjadi overcharge didalam aki akaibat sistem pengisian bermasalah
  2. Volume air aki pada tiap-tiap sel aki melebihi batas upper level.

Untuk mengatasi masalah munculnya kerak aki yang sering muncul meskipun telah dilakukan pembersihan, langkah awal yang perlu sobat lakukan adalah memeriksa ketinggian level permukaan air aki.

Jika level permukaan air aki berada diatas upper level, maka sebaiknya kurangi cairan tersebut. Posisikan cairan hingga sejajar dengan garis Upper Level atau sedikit dibawah garis.

Baca juga:

Jika setelah beberapa hari kerak aki kembali muncul, ini menandakan sistem pengisian listrik di mobil sobat mengalami overcharge. Untuk hal ini, sebaiknya lebih baik sobat melakukan pemeriksaan sistem pengisian (charging system) pada bengkel kepercayaan sobat.

Demikianlah cara membersihkan kerak aki yang bisa Akimo sampaikan, semoga bermanfaat.